PT Putra Damai Sentosa

Jasa Konstruksi Indonesia

5 Ide Desain Pagar Kayu Teras Rumah Minimalis dan Estetik

Apakah kamu akan menggunakan kayu untuk pagar rumahmu? Tentu kamu butuh berbagai macam model pagar kayu yang unik dan menarik untuk mempercantik tampilan rumah ya. Pagar merupakan salah satu elemen penting yang bisa menyempurnakan tampilan sebuah rumah. Selain digunakan demi alasan keamanan, pemakaian pagar kayu teras rumah minimalis juga dapat menambah nilai estetika. Pagar kayu teras rumah minimalis bisa jadi pilihan yang tepat jika ingin menciptakan konsep sederhana namun estetik.

Model Pagar Teras Rumah

Di pasaran, ada banyak model pagar kayu yang bisa dipilih. Biasanya, pagar kayu sering digunakan karena desainnya yang unik dan keren. Beberapa pagar kayu teras rumah minimalis bisa dibuat dalam ukuran kecil dengan bentuk yang elegan. Desain pagar kayu teras rumah minimalis saat ini sedang digandrungi karena kesan yang dimiliki.  Berikut ini 5 pilihan desain pagar kayu teras rumah minimalis yang bisa kamu terapkan. Yuk simak!

1. Pagar Kayu dengan Bingkai Besi

Pagar Kayu dengan Bingkai Besi minimalist
Pagar Kayu dengan Bingkai Besi | Gambar: Courtina.id

Penggunaan pagar dengan material kayu, sebenarnya menjadi pilihan yang cukup menarik. Hasilnya pun tidak meragukan selama pemasangannya tepat. Jika kamu ingin mendapatkan pagar kayu yang jauh lebih kuat, maka penggunaan bingkai besi bisa jadi solusi. Pagar bisa memakai material kayu yang disusun secara vertikal kemudian dibatasi dengan bingkai besi.

Soal warna bisa ditentukan sesuai selera. Warna kayu bisa dibuat natural dan besi dicat hitam sehingga perpaduannya menghasilkan visual yang minimalis. Namun tidak ada salahnya juga, jika ingin menerapkan kombinasi putih pada kayu dan hitam pada bingkai besi.

2. Kayu Vertikal tanpa Bingkai

Kayu Vertikal tanpa Bingkai sederhana
Kayu Vertikal tanpa Bingkai Minimalis | Gambar: Saintmarcusa.com

Jika penggunaan bingkai terasa terlalu kaku dan kuno, maka kamu bisa mencoba menggunakan pagar kayu yang disusun secara vertikal tanpa bingkai. Gunakan material kayu yang cukup tebal, kemudian susun secara vertikal dengan ketinggian yang berbeda-beda. Tujuannya untuk memberi kesan estetik dan natural.

Sangat disarankan untuk tidak memakai ukuran kayu yang terlalu panjang. Pagar dengan desain semacam ini lebih cocok jika berukuran rendah sehingga kesan minimalisnya semakin kuat. Tinggal pilih warna pagar yang paling cocok dengan kesan natural.

3. Kombinasi Pagar Kayu dan Batu Alam

Kombinasi Pagar Kayu dan Batu Alam sederhana
Kombinasi Pagar Kayu dan Batu Alam | Gambar: Ruangartitek.id

Ide pagar kayu teras rumah minimalis berikutnya menggunakan kombinasi material kayu dan batu alam. Kamu bisa menggunakan jenis pagar kayu yang disusun secara horizontal maupun vertikal. Di antara pagar kayu tadi bisa diselingi pagar dengan material batu alam.

Perlu diketahui bahwa jenis batu yang dipakai bisa bervariasi dan disesuaikan dengan anggaranmu. Penyusunan batu alam sebaiknya dilakukan dengan cermat, sehingga menampilkan kesan natural tapi tetap rapi. Jangan lupa, area pagar kayu juga harus dicat natural supaya kesan minimalisnya tetap terlihat.

Baca Juga! 7 Gambar Teras Rumah Minimalis, Bikin Nyaman Keluarga

4. Pagar Palet

Pagar kayu Palet Sederhana
Pagar Palet Sederhana | Gambar: Bukalapak.com

Rumah minimalis yang kamu miliki juga bisa memakai pagar palet. Pagar ini terbuat dari kayu palet yang umumnya digunakan untuk packing. Kayu palet ini merupakan tipe kayu dari jati Belanda yang memiliki sifat ringan dengan tampilan menarik. Cocok untuk memberi kesan pagar estetik di rumahmu.

Hanya saja perlu diketahui bahwa pagar jenis ini harus mengalami pengolahan terlebih dahulu. Kayu palet harus melewati proses heat treatment dan fumigasi supaya tidak mudah lapuk. Jenis pagar semacam ini sangat populer di Amerika Serikat dan bisa memberi kesan minimalis yang estetik.

5. Kombinasi Kayu dan Beton

Kombinasi Kayu dan Beton kuat dan terjangkau
Kombinasi Kayu dan Beton | Gambar: Pinterest

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan kombinasi material kayu dan beton sebagai pagar minimalis di rumah. Kombinasi dua jenis material ini akan memberikan perlindungan yang optimal, karena beton bisa menambah kekuatan pagar kayu yang kamu gunakan. Selain itu dari segi desain juga terlihat jauh lebih bagus.

Jika tetap ingin menonjolkan kesan minimalis, coba pilih warna yang tepat. Bagian kayu yang dipakai bisa diberi warna cokelat natural, sedangkan beton bisa dicat dengan warna krem atau abu-abu. Hanya saja tipe desain pagar seperti ini cukup biasa dan tidak terlihat unik.

Semua ide desain pagar kayu teras rumah minimalis ini bisa dijadikan sebagai inspirasi. Tinggal pilih yang paling sesuai dengan konsep rumahmu. Pastikan juga pembuatan pagar sudah sesuai dengan hitungan bujet yang tersedia ya! Nah agar rumahmu semakin nyaman dan menarik, coba lengkapi teras rumahmu dengan meja plastik dan kursi plastik yang bisa kamu dapatkan di putradamaisentosa.com. Tentunya ada banyak pilihan dengan harga terjangkau yang tersedia untukmu.